BERITA
Image Header News

Jumat, 09 Aug 2018

Tak Hanya untuk Memasak, Ini 5 Kegunaan Lain Minyak Sayur

Sebagai salah satu bahan memasak yang esensial, minyak berfungsi sebagai perantara panas pada makanan. Selain itu, minyak juga kerap digunakan sebagai dressing pada sajian salad.
Ternyata, tak hanya dapat dimanfaatkan dalam hal memasak saja, minyak sayur juga memiliki berbagai kegunaan lain, lho. Misalnya saja membersihkan lubang AC pada mobil, hingga melembabkan rambut.
Dilansir Huffington Post, berikut lima kegunaan dari minyak sayur selain untuk memasak:
1. Sebagai pelumas lubang kunci
Kunci rumah
Selain digunakan untuk memasak, ternyata minyak sayur juga dapat dimanfaatkan sebagai pelumas lubang kunci yang macet, lho. Oleskan minyak sayur pada kunci pintu agar lebih mudah saat membuka pintu.
2. Pelembab rambut
Tahukah kamu, minyak sayur dapat digunakan untuk merawat kelembaban rambut? Cukup hangatkan setengah cup minyak sayur dengan microwave hingga suhunya sedikit lebih panas dari suhu ruangan. Pijat rambut yang sudah diolesi dengan minyak sayur lalu bilas hingga bersih.
3. Pembersih mobil
Ingin membersihkan debu yang menempel pada ban dan lubang AC pada mobil? Alih-alih menggunakan pembersih otomatis, cobalah untuk mengelapnya menggunakan tisu atau lap yang telah dibasahi dengan minyak sayur. Tak hanya membantu membersihkannya, minyak sayur juga akan mencegah menempelnya debu pada bagian-bagian mobil tersebut.
4. Pelapis sekop
Saat berkebun, butiran tanah kerap menempel pada sekop dan peralatan lainnya. Untuk mencegah terlalu banyak tanah yang menempel, lapisi sekop dengan minyak sayur terlebih dahulu. Selain itu, minyak sayur yang dioleskan pada pisau pemotong rumput juga dapat mencegah rumput agar tidak menempel.
5. Melindungi perkakas memasak
Mengoleskan minyak sayur pada peralatan memasak seperti wajan dan panci dapat menjaganya tetap bersih. Selain itu, olesan minyak sayur juga dapat mencegahnya cepat berkarat.