BERITA
Image Header News

Jumat, 09 Aug 2018

Sebenarnya Minyak Sayur Terbuat dari Sayuran Apa?

Minyak sayur jadi salah satu kebutuhan pokok. Tetapi sebenarnya minyak ini terbuat dari sayuran apa?
Sebutan minyak sayur atau vegetable oil ditujukan untuk semua produk minyak tumbuhan atau minyak nabati. Bisa terbuat dari minyak bijian atau buah.
Hampir di semua merk minyak goreng menyebutkan ptoduknya terbuat dari kelapa sawit atau kelapa. Sebagian menyebut terbuat dari kacang kedelai.
Kemudian ada minyak dengan nama bijian dan buah. Minyak zaitun terbuat dari buah zaitun dan minyak canola terbuat dari biji tumbuhan canola. Beberapa merk mencampurkan dua hingga tiga jenis minyak tersebut.
Minyak kedelai justru lebih sering digolongkan sebagai minyak sayur. Menurut thedailymeal.com (21/2/17), ada 2 alasan mengapa minyak kedelai disebut minyak sayur.
Alasan pertama karena tidak setiap minyak sayur , seluruhnya, diproduksi dari kacang kedelai. Sekitar 15% kandungannya juga merupakan campuran minyak lain, mungkin minyak canola, minyak jagung atau minyak kelapa.
Alasan kedua adalah, produsen cenderung tidak mendapat keuntungan besar saat menggunakan nama spesifik seperti minyak kedelai atau minyak safflower. Dibandingkan jika mereka diberi label minyak sayur.
Lagipula, jika minyak memiliki nama dari tanaman esktraknya, tersirat bahwa minyak tersebut akan memberikan rasa dominan dari tanaman tersebut.
Padahal minyak sayur sendiri diciptakan melalui proses yang disebut ekstraksi solvent. Proses ini tidak meninggalkan apapun selain minyak murni tanpa rasa, bau, dan hampir tanpa warna. Jadi lebih baik memberikan nama seumum mungkin.